tag:blogger.com,1999:blog-22677323838264355422024-02-20T14:50:16.303-08:00MANAJEMEN RUMAH SAKITfrom earth to MARS (Magister Administrasi Rumah Sakit)HOSPITAL MANAGEMENThttp://www.blogger.com/profile/13171108268349927922noreply@blogger.comBlogger3125tag:blogger.com,1999:blog-2267732383826435542.post-75480286360881465532012-03-20T18:56:00.002-07:002012-03-20T18:56:19.608-07:00Membaca Cepat Metode SQ3R<div style="text-align: justify;">
<b><span style="font-size: x-small;">sumber: http://www.muhammadnoer.com/2009/07/membaca-cepat-metode-sq3r/ </span></b></div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b><span style="font-size: large;">T</span></b>ulisan berikut akan membahas bagaimana proses membaca sebuah buku berstruktur secara cerdas. Bayangkan Anda akan membaca sebuah buku dengan topik pengembangan diri sebanyak 300 halaman.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Apakah Anda akan langsung melakukan pembacaan secara keseluruhan?</div>
<div style="text-align: justify;">
Jawabannya tidak. Mungkin Anda bisa langsung membaca buku tersebut
dari halaman pertama sampai terakhir, tapi kalau dilakukan tanpa
persiapan, besar kemungkinan pemahaman akan bahan bacaan tidak akan
baik.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Banyak ahli di bidang pendidikan dan baca cepat mengajarkan metode membaca yang meliputi tahapan berikut:</div>
<ul style="text-align: justify;">
<li>Survey</li>
<li>Question</li>
<li>Read</li>
<li>Recite</li>
<li>Review</li>
</ul>
<div style="text-align: justify;">
Teknik ini dikenal dengan nama <strong>SQ3R.</strong> Ada pula teknik yang mirip dengan nama sedikit berbeda seperti <strong>PQRST</strong> (Preview – Question – Read – Summarize – Test) atau dalam buku <strong><em>The Evelyn Wood Seven-Day Speed Reading and Learning Program,</em> </strong>Stanley D Frank menjelaskan teknik yang disebut <strong>Pembacaan Berlapis <em>(Layered Reading)</em></strong> dengan tahapan: Overview – Preview – Reading – Postview – Review).</div>
<div style="text-align: justify;">
Inti dari kesemua cara tersebut kurang lebih sama yakni:</div>
<ol style="text-align: justify;">
<li>Adanya proses persiapan sebelum pembacaan secara penuh dilakukan</li>
<li>Adanya proses pengulangan atau review untuk memastikan pemahaman akan bahan bacaan</li>
</ol>
<div style="text-align: justify;">
Untuk kemudahan, saya akan menggunakan pendekatan SQ3R sebagai berikut:</div>
<h3 style="text-align: justify;">
1. Survey</h3>
<div style="text-align: justify;">
Yakni proses persiapan membaca dengan cara melihat secara sekilas isi
buku mulai dari judul utama, sub judul, cover buku bagian belakang yang
menjelaskan secara ringkas topik yang dibahas, kata pengantar dari
penulis, maupun daftar isi.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Proses selanjutnya dari tahapan Survey adalah dengan membuka secara
cepat halaman demi halaman dan memperhatikan bagian judul bab, sub judul
bab, kata-kata khusus yang bercetak tebal atau miring, tabel, gambar
sambil mencoba mendapatkan ide besar dari buku tersebut.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Survey yang sukses akan menghasilkan gambaran umum tentang isi buku
sekaligus menciptakan minat yang kuat untuk memahaminya. Ini merupakan
modal penting untuk membantu proses membaca cepat isi buku secara
keseluruhan disamping memastikan tingkat pemahaman yang tinggi akan isi
buku.</div>
<div style="text-align: justify;">
<span id="more-667"></span></div>
<h3 style="text-align: justify;">
2. Question</h3>
<div style="text-align: justify;">
Tahap ini dilakukan bersamaan dengan proses survey terutama ketika
Anda mempelajari daftar isi serta mulai membaca sekilas halaman demi
halaman secara cepat.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Sambil Anda membaca judul bab, sub judul bab, kata-kata khusus
bercetak tebal atau miring, tabel dan gambar maka pada saat yang sama
Anda melakukan proses bertanya kepada diri sendiri. Di sini Anda
melakukan proses aktif dengan melakukan analisa, sintesa maupun
argumentasi terhadap pokok pikiran yang disampaikan penulis buku. Anda
bisa menciptakan berbagai pertanyaan seperti:</div>
<ul style="text-align: justify;">
<li>Menurut saya bab ini harusnya menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu “Pengembangan Pribadi”</li>
<li>Menurut saya pengembangan pribadi tidak hanya bersifat skill semata,
melainkan pula pengembangan spiritual. Akan tetapi penulis buku ini
sepertinya lebih fokus pada pengembangan pribadi yang bersifat skill.</li>
<li>Saya percaya bahwa pengembangan pribadi akan membantu orang untuk
sukses. Namun saya juga meyakini ada faktor-faktor lain yang
menyertainya, termasuk Tangan Tuhan di dalamnya.</li>
<li>Dan seterusnya</li>
</ul>
<div style="text-align: justify;">
Perhatikan dari pertanyaan-pertanyaan di atas, seorang pembaca telah
melakukan proses dialog aktif bahkan sebelum pembacaan secara penuh
dilakukan. Dengan demikian, secara mental pembaca tersebut sudah siap
untuk terjun ke dalam isi bacaan termasuk untuk menguji pembahasan yang
diajukan </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
penulis buku dengan apa-apa yang telah dipelajari dan dipahami
sebelumnya oleh pembaca tersebut.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Proses inilah yang nantinya akan membantu terjadinya membaca secara
aktif. Lewat cara ini, pembaca tidak sekedar “menurut” dengan apa yang
disampaikan penulis melainkan turut melakukan analisa, sintesa maupun
argumentasi terhadap isi buku.</div>
<h3 style="text-align: justify;">
3. Read</h3>
<div style="text-align: justify;">
Setelah dua tahap di atas dilakukan, maka mulailah proses membaca
secara keseluruhan dilakukan. Dengan adanya persiapan sebelum membaca,
maka proses baca keseluruhan isi dapat dilakukan dengan kecepatan
tinggi. Hal ini dibantu karena pembaca tersebut telah mengenali ide
pokok yang disampaikan penulis, memahami strukturnya, maupun terminologi
yang banyak dipakai.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Proses pembacaan keseluruhan ini dapat dilakukan dengan <em>break</em> di tiap akhir bab untuk kemudian melakukan review atau dengan cara menyelesaikan dulu secara total.</div>
<h3 style="text-align: justify;">
4. Recite</h3>
<div style="text-align: justify;">
Proses resitasi atau melakukan refleksi atas bahan bacaan dapat Anda
lakukan segera setelah mengakhiri satu bab. Langkah ini dilakukan untuk
menguji pemahaman atas apa yang telah dibaca. Proses ini dilakukan
dengan menceritakan ulang pokok pikiran yang dibahas dalam buku tersebut
dengan gaya bahasa Anda sendiri.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Jika hal tersebut dapat dilakukan menunjukkan bahwa Anda memahami isi
buku tersebut. Namun jika hal tersebut tidak dapat dilakukan, maka
pemahaman Anda sebenarnya masih diragukan.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Proses resitasi ini sangat bermanfaat terutama ketika membaca
buku-buku teks perkuliahan yang wajib dikuasai. Proses ini tidak
berusaha menghafal apa-apa yang Anda baca melainkan berusaha memahami
dengan bahasa sendiri apa-apa yang telah dibaca.</div>
<h3 style="text-align: justify;">
5. Review</h3>
<div style="text-align: justify;">
Ketika kita menyerap informasi, maka apa-apa yang dibaca akan masuk
ke dalam memori jangka pendek. Proses review dilakukan setelah proses
membaca selesai agar apa-apa yang dibaca tidak hanya masuk dalam memori
jangka pendek melainkan masuk ke memori jangka panjang. Dengan demikian,
kapanpun Anda perlu mengingat kembali materi bacaan tersebut, tinggal
melakukan proses pemanggilan dari memori jangka panjang.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Proses review awal dilakukan segera setelah mengakhiri bahan bacaan.
Hal ini dilakukan mirip dengan proses “Survey” di mana Anda
membolak-balik halaman secara cepat sambil melakukan review singkat
untuk memastikan apa-apa yang dibaca telah terpahami.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Proses review ini cukup menghabiskan waktu 5 menit saja dan akan
bermanfaat sekali dalam jangka panjang terutama terkait pemahaman dan
ingatan akan bahan bacaan.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Jika Anda mengabaikan proses review ini, mungkin Anda masih dapat
mengingat dengan baik isi bahan bacaan. Akan tetapi, dalam 24 jam
pemahaman tersebut akan turun cukup banyak dan terjadi penurunan drastis
setelah seminggu.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Buat Anda yang masih berkuliah atau menjalani pendidikan, proses
review yang sama perlu dilakukan segera setelah Anda menjalani proses
perkuliahan untuk satu topik. Dengan demikian Anda akan menghemat waktu
dalam menguasainya dibandingkan dengan berusaha membaca kembali setelah 1
bulan atau menjelang ujian.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Setelah proses review pertama dilakukan, proses review berikutnya
dapat dilakukan setelah seminggu dan sebulan. Dengan cara ini, apa-apa
yang Anda baca akan masuk ke memori jangka panjang dan akan terus
diingat dan dipahami bertahun-tahun.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Selamat <a href="http://www.muhammadnoer.com/2009/01/speed-reading-how-fast-can-you-read/" target="_blank">membaca cepat</a> dan cerdas. </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>HOSPITAL MANAGEMENThttp://www.blogger.com/profile/13171108268349927922noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2267732383826435542.post-84884612531012336922012-03-19T23:43:00.001-07:002012-03-19T23:43:57.855-07:00SQ3R reading method<h2 style="color: black; text-align: justify;">
<em>Reading and research seriesfrom: http://www.studygs.net/texred2.htmhttp://www.studygs.net/texred2.htmhttp://www.studygs.net/texred2.htmhttp://www.studygs.net/texred2.htm</em></h2>
<h1 style="color: black; text-align: justify;">
</h1>
<div style="color: black; text-align: justify;">
<strong>Reposted from: http://www.studygs.net/texred2.htm</strong></div>
<div style="color: black; text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="color: black; text-align: justify;">
<strong>SQ3R is a reading strategy
formed from its letters:</strong></div>
<div style="color: black; text-align: justify;">
<strong>Survey! Question! Read!
Recite! Review!</strong></div>
<div style="color: black; text-align: justify;">
SQ3R will help you build a framework to understand your reading assignment.</div>
<h6 style="color: black; text-align: justify;">
Before you read, <u><strong>S</strong></u><strong>urvey the chapter:</strong></h6>
<ul style="color: black; text-align: justify;">
<li>the title, headings, and subheadings </li>
<li>captions under pictures, charts, graphs or maps </li>
<li>review questions or teacher-made study guides </li>
<li>introductory and concluding paragraphs </li>
<li>summary </li>
</ul>
<h6 style="color: black; text-align: justify;">
<u><strong>Q</strong></u><strong>uestion while
you are surveying:</strong></h6>
<ul style="color: black; text-align: justify;">
<li>Turn the title, headings, and/or subheadings into
questions </li>
<li>Read questions at the end of the chapters or after each
subheading </li>
<li>Ask yourself, <br />"What did my instructor say about this
chapter or subject <br />when it was assigned?" </li>
<li>Ask yourself, <br />"What do I already know about this
subject?"<br /> <b>Note:</b> If it is helpful to you, write out these questions
for consideration. <br />This variation is called SQW3R</li>
</ul>
<h6 style="color: black; text-align: justify;">
When you begin to <u>R</u>ead:</h6>
<ul style="color: black; text-align: justify;">
<li>Look for answers to the questions you first raised </li>
<li>Answer questions at the beginning or end of chapters or
study guides </li>
<li>Reread captions under pictures, graphs, etc. </li>
<li>Note all the underlined, italicized, bold printed words
or phrases </li>
<li>Study graphic aids </li>
<li>Reduce your speed for difficult passages </li>
<li>Stop and reread parts which are not clear </li>
<li>Read only a section at a time and recite after each
section </li>
</ul>
<h6 style="color: black; text-align: justify;">
<u>R</u>ecite after you've read a section:</h6>
<ul style="color: black; text-align: justify;">
<li>Orally ask yourself questions about what you have just
read, or summarize, in your own words, what you read </li>
<li>Take notes from the text but write the information in
your own words </li>
<li>Underline or highlight important points you've just read
</li>
<li>Reciting: <br />The more senses you use the more likely
you are to remember what you read Triple strength learning:
Seeing, saying, hearing<br />
Quadruple strength learning: Seeing , saying , hearing,
writing!!! </li>
</ul>
<h6 style="color: black; text-align: justify;">
<u>R</u>eview: an ongoing process</h6>
<div style="color: black; text-align: justify;">
<b>Day One</b></div>
<ul style="color: black; text-align: justify;">
<li>After you have read and recited the entire chapter, <br />write questions in the margins for those points
<br />you have highlighted or underlined.</li>
<li>If you took notes while reciting, <br />write questions for the notes you have taken
<br />in the left hand margins of your notebook.</li>
<li>Complete the form for a <a href="http://www.studygs.net/crtread.htm" style="font-style: italic; text-decoration: none;" target="_blank">critical reading review</a></li>
</ul>
<div style="color: black; text-align: justify;">
<strong>Day Two</strong></div>
<ul style="color: black; text-align: justify;">
<li>Page through the text and/or your notebook to re-acquaint yourself
<br />with the important points.</li>
<li>Cover the right hand column of your text/note-book <br />and orally ask yourself the questions in the left hand margins. </li>
<li>Orally recite or write the answers from memory. </li>
<li>Develop mnemonic devices for material which need to be memorized.<br />Make flash cards for those questions which give you difficulty.</li>
</ul>
<div style="color: black; text-align: justify;">
<strong>Days Three, Four and Five</strong></div>
<ul style="color: black; text-align: justify;">
<li>Alternate between your flash cards and notes and test yourself
<br />(orally or in writing) on the questions you formulated.</li>
<li>Make additional flash cards if necessary.</li>
</ul>
<div style="color: black; text-align: justify;">
<strong>Weekend</strong></div>
<ul style="color: black; text-align: justify;">
<li>Using the text and notebook, make a Table of Contents - list all the topics and sub-topics you need to know from the
chapter. </li>
<li>From the Table of Contents, make a Study Sheet/ Spatial Map.</li>
<li>Recite the information orally and in your own words as you put the Study Sheet/Map together.</li>
<li>As you have consolidated all the information you need for this chapter, periodically review the Sheet/Map so that at test time
<br />you will not have to cram.</li>
</ul>HOSPITAL MANAGEMENThttp://www.blogger.com/profile/13171108268349927922noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2267732383826435542.post-65432797083598064882012-03-18T22:38:00.001-07:002012-03-18T22:38:58.422-07:00Rumah Sakit Idaman<div style="text-align: justify;">
Rumah Sakit Idaman, sebuah frase yang menunjukkan sebuah Idealisme pengelolaan Rumah Sakit.</div>
<div style="text-align: justify;">
</div>
<div style="text-align: justify;">
Rumah Sakit Idaman, idaman pemilik, idaman manajemen, idaman pasien, idaman semua stake holder yang terlibat. Tak mudah membuat, mengelola, dan mengembangkan Rumah Sakit Idaman, apalagi di era kapitalisme ini, seringkali idaman pasien terabaikan. Namun, di era dimana pasien semakin cerdas, maka bisa jadi Rumah Sakit Idaman adalah Rumah Sakit taat Hukum dan Peraturan.</div>
<div style="text-align: justify;">
</div>
<div style="text-align: justify;">
Tak Mudah memang mengelola Rumah Sakit Idaman.</div>
<div style="text-align: justify;">
</div>
<div style="text-align: justify;">
Lalu, menurut anda seperti apakah kriteria Rumah Sakit Idaman itu?</div>HOSPITAL MANAGEMENThttp://www.blogger.com/profile/13171108268349927922noreply@blogger.com1